Negara di Asia yang Berpotensi Hadapi Gelombang Kedua Covid-19

Share it with your friends Like

Thanks! Share it with your friends!

Close

Melansir South China Morning Post (SCMP), Minggu (21/6/2020), ada beberapa negara yang dinilai paling berisiko untuk mengalami gelombang kedua atau second wave dari Covid-19.

Presiden Asia-Pacific Society of Clinical Microbiology and Infection, Paul Ananth Tambyah, menyebutkan, negara yang paling berisiko untuk mengalami gelombang kedua Covid-19 adalah negara yang memiliki kasus penularan lokal secara berkelanjutan.

Kasus penularan lokal ini terjadi dalam angka yang cukup tinggi, di kisaran ratusan hingga ribuan kasus per harinya. “Meskipun bisa dibilang sekarang ini masih ujung dari gelombang pertama, namun ada banyak rantai penularan di berbagai negara yang belum terputus,” kata Tambyah. Untuk wilayah Asia, negara dengan karakteristik itu adalah India.

Salah satu negara terpadat di dunia ini, Jumat (19/6/2020), melaporkan 13.586 kasus infeksi baru dalam satu harinya. Angka ini merupakan yang tertinggi di Asia dan tertinggi ke-4 secara global.

Selain India, Tambyah juga menyebut Pakistan dan Indonesia menjadi negara lain di Asia yang memiliki potensi tinggi untuk terserang gelombang kedua ini. Di Pakistan, tercatat kasus kematian dalam sehari mencapai 136 kasus untuk Jumat kemarin.

Sementara di Indonesia, kasus harian sempat mencapai angka tertingginya, yakni 1.331 infeksi pada Kamis (18/6/2020).

Simak berita selengkapnya dengan klik link di bawah ini:
https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/22/160200165/negara-mana-di-asia-yang-berpotensi-hadapi-gelombang-kedua-virus-corona-

Penulis : Luthfia Ayu Azanella
Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Video Editor: Alfiyan Oktora Atmajaya

Media sosial Kompas.com :
Facebook: https://www.facebook.com/KOMPAScom/
Instagram: https://www.instagram.com/kompascom/
Twitter: https://twitter.com/kompascom
LINE: https://line.me/ti/p/@kompas.com

Comments

Comments are disabled for this post.