Mampukah 11 Unit SU 35 Indonesia Melawan Jet Siluman J 20 China Di Masa Mendatang

Share it with your friends Like

Thanks! Share it with your friends!

Close

Mampukah 11 Unit SU 35 Indonesia Melawan Jet Siluman J-20 China Di Masa Mendatang..

Militer China kini memiliki jet tempur yang bisa menjadi saingan Rusia dan Amerika Serikat. Jet tempur militer China, Chengdu J-20, akan fokus mengudara di Selat Taiwan dan kegiatan militer antara Jepang dan Amerika Serikat. Pasukan militer China, Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat menjadikan J-20 sebagai pesawat andalan. Perlu diketahui, China Rusia dan Amerika Serikat saat ini tengah bersaing dalam bidang penjualan alutsista. Untuk jet tempur, Rusia Mengandalkan SU 57, Amerika Serikat mengandalkan F-35 Lightning II, Sedangkan China mengandalkan Chengdu J-20. Lalu bagaimana kecanggihan Chengdu J-20 milik militer China? Mampukah 11 Unit SU 35 Indonesia Melawan Jet Siluman J-20 China Di Masa Mendatang?. Berikut penjelasannya:

Chengdu J-20 menjadi jet tempur siluman andalan China. Jet tempur ini pertama kali mengudara pada tahun 2011. Jet Chengdu J-20 memiliki fitur siluman, seperti kerangka yang tajam dan lancip serta menggunakan material canggih untuk meminimalisir deteksi radar. Menurut seorang pakar penerbangan yang dikutip dari media South China Morning Post, J-20 menggunakan mesin modifikasi WS-10 B dari jet tempur produksi lama, seperti J-10 dan J-11. Sehingga, daya kekuatan mesin J-20 diprediksi tak begitu kuat dan akan sulit untuk menandingi kapabilitas jelajah dan kecepatan F-22 Raptor Amerika.

Selain itu, mesin WS-10 B meninggalkan jejak sisa pembakaran di udara saat dipacu dalam kecepatan tinggi, yang justru akan mengurangi maksud dari fitur siluman pesawat J-20. Di sisi lain, WS-15 B, mesin teranyar dan versi termutakhir dari WS-10B, belum optimal untuk diinstalasi pada jet tempur generasi terbaru seperti J-20. Chengdu J-20 memiliki kecepatan tinggi mencapai lebih dari Mach 2 atau sekitar 2.470 kilometer per jam, dengan ketinggian hingga 20 kilometer dan radius tempur mencapai 1.100 kilomete. J-20 juga mampu membawa hingga enam rudal udara ke udara dan mampu mengangkut rudal jarak jauh dan bom kendali.

Comments

Comments are disabled for this post.