LAUT CHINA SELATAN Memanas – Setelah Indonesia, Kini China Bikin Marah Filipina dan Vietnam

Share it with your friends Like

Thanks! Share it with your friends!

Close

Laut china selatan kembali memanas. Setelah bulan lalu bentrok dengan Indonesia, kini China kembali bikin marah negara ASEAN lainnya, Filipina dan Vietnam.

Melansir South China Morning Post, China mengatakan akan melarang kegiatan penangkapan ikan di perairan yang diklaim Beijing di atas paralel ke 12, termasuk daerah di dekat Scarborough Shoal, Kepulauan Paracel, dan Teluk Tonkin ‐ untuk melestarikan cadangan.

Larangan itu mulai berlaku sejak siang hari pada 1 Mei hingga 16 Agustus mendatang. China bahkan menegaskan, penjaga pantai mereka akan mengambil “langkah-langkah ketat” untuk menghentikan “kegiatan penangkapan ikan ilegal”.

Menanggapi hal itu, komunitas nelayan di Vietnam dan Filipina telah mendesak pemerintah mereka untuk mengambil sikap yang tegas. Pada 8 Mei 2020, juru bicara kementerian luar negeri Vietnam Le Thi Thu Hang mengatakan Hanoi menolak “keputusan sepihak”.

“Vietnam meminta China untuk tidak memperumit situasi di Laut China Selatan,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Nelayan Vietnam memiliki hak penuh untuk menangkap ikan di perairan di bawah kedaulatan mereka,” demikian pernyataan Asosiasi Perikanan Vietnam dalam sebuah pernyataan di situs webnya. Asosiasi tersebut juga menambahkan bahwa larangan itu melanggar hukum internasional dan kedaulatan Vietnam atas Kepulauan Paracel.
__________________

📌 Follow Kami:
► Site: https://bit.ly/2Q6gMhb
► YouTube: https://bit.ly/2Q0gVTf
► Facebook: https://bit.ly/3eLu7qy
► Twitter: https://bit.ly/38W0RKQ
► Instagram: https://bit.ly/36SNlpm
__________________

📌 For copyright matters please contact us at: redaksi[at]nadpost[dot]com
__________________

Copyright Disclaimer Under Section 107 of the Copyright Act 1976, allowance is made for “fair use” for purposes such as criticism, comment, news reporting, teaching, scholarship, and research. Fair use is a use permitted by copyright statute that might otherwise be infringing. Non-profit, educational or personal use tips the balance in favor of fair use.

#lautchinaselatan #beritaterkini #beritanatunaterbaru

Comments

Comments are disabled for this post.